Skip to main content
Gambar 1 – Para siswa antusias mengikuti kegiatan kelas literasi

Penulis : Zuhana Ade Wirakusuma

Mahasiswa KKN-DIK Internasional Angkatan 4 dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo berjumlah 4 orang mengadakan lomba kelas literasi di Sekolah PWNI Klang, Malaysia. Literasi kelas merupakan gerakan yang dilakukan disekolah untuk meningkatkan minat baca siswa mengenai pelajaran, pojok Literasi dalam kelas, hasil prakarya siswa dan majalah dinding yang bisa menjadi bentuk kreativitas peserta didik. Adapun Manfaat dari literasi kelas ini yaitu untuk menumbuhkan dan merangsang peserta didik supaya lebih gemar dan terbiasa dalam hal membaca, mendekatkan buku pada peserta didik, membangun daya pikir peserta didik lebih kreatif dan kritis. Jumat (9/12/2022).

Lomba pojok Literasi kelas ini sebenarnya sudah direncanakan sejak awal kedatangan mahasiswa ke sekolah tersebut. Sebagai wujud dukungan berupa fasilitas kepada peserta didik PPWNI Klang, Malaysia yang telah bersemangat belajar walaupun keterbatasan dokumen. Lomba literasi ini merupakan dalam rangka untuk meningkatkan semangat, budaya membaca dan kreativitas peserta didik Sekolah PPWNI Klang, Malaysia.

Lomba Pojok literasi ini dilakukan peserta didik Sekolah PPWNI Klang, Malaysia tingkat SD dan SMP yang didampingi langsung oleh mahasiswa KKN-DIK Internasional dengan memberikan cara atau panduan untuk membuat Pohon Literasi, membuat mading, pojok baca, struktur kelas dan jadwal kelas. Selama kegiatan berlangsung peserta didik disini sangat antusias dan berparsipasi membuat berbagai karya sampai selesai.

Riko Sudirman (kepala sekolah), memberikan izin mahasiswa KKN-DIK Internasional dan mendukung adanya lomba kelas literasi ini, Adapun menurut mahasiswa KKN-DIK Internasional sendiri juga mengatakan bahwa “perkembangan bacaan, keberagaman bacaan dan tingkat kreativitas siswa dapat diamati dari kegiatan literasi ini yang akan melatih peserta didik untuk menulis penggalan-penggalan kalimat dari buku yang mereka baca dan memberikan pengalaman serta mengasah daya kreativitas peserta didik dalam membuat karya,” ujarnya

Gambar 2 – hasil karya peserta didik PPWNI klang Malaysia 

Dwi Hatmoko (Wakil kepala sekolah), “Kegiatan ini sangat bagus mas dan mbak, karena disini minat baca peserta didik masih sangat minim dan anak-anak disini dalam hal membaca juga masih belum lancar”. Ia juga mengapresiasi dengan adanya kegiatan lomba ini karena Literasi kelas ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menambah minat baca, kreativitas siswa, dan sangat bagus untuk menggerakkan semangat membaca peserta didik PPWNI Klang yang masih minim. Semoga dengan adanya kegiatan lomba literasi kelas ini bisa meningkatkan daya kreativitas siswa di SMP PPWNI Klang.

Gambar 3 – Pengumuman juara lomba kelas literasi

gambar diatas merupakan hasil pengumuman juara yang diperoleh peserta didik dari lomba kelas literasi. adapun juara 1 diperoleh oleh kelas 8 dan 9 SMP, juara 2 diperoleh oleh kelas 7 SMP dan juara 3 diperoleh oleh kelas 6 SD dari hasil penilaian Mahasiswa KKN-DIK Internasional selaku penyelenggara lomba di Sekolah PPWNI Klang, Malaysia. 

lomba kelas literasi kelas ini perlu di agendakan setiap 1 bulan sekali atau setiap ada peringatan hari-hari nasional yang bertujuan untuk menggugah semangat dan membentuk daya kreatif, inovatif dan kebiasaan-kebiasaan positif siswa-siswi SMP PPWNI Klang, Malaysia. Sehingga dengan adanya kegiatan lomba literasi kelas atau pojok literasi ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kegemaran membaca ketika waktu luang atau istirahat, menumbuhkan kreativitas, melestarikan budaya daerah serta membangun toleransi perbedaan agama, suku, budaya, dan tutur bahasa dalam rangka untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap Lailatul Mahasiswa KKN-DIK Internasional.

Leave a Reply