Skip to main content

Kulim Penang, 7 Agustus 2023 – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Kemitraan Internasional Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (KKN KI PTMA) telah kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan memasuki angkatan ke-8. Program yang telah melahirkan banyak perubahan positif ini dianggap sebagai salah satu panutan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu tim unggulan dari program ini adalah Sangar Bimbingan (SB) Kulim Penang, yang terdiri dari tiga mahasiswa berdedikasi: Luthfi Kurnia dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Istiqomah Wahyu Asih dan Fauziah Athilah Salsabila dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Dengan semangat yang berkobar-kobar, tim SB Kulim Penang telah menjalankan tugas edukatifnya dengan penuh keikhlasan. Mereka menyadari bahwa pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak di wilayah ini. Berbagai kegiatan rutin telah mereka laksanakan demi membantu meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan sekitar mereka. Mulai dari sholat dhuha berjamaah, senam pagi menyegarkan, pembacaan al-Qur’an, hingga hafalan surat-surat pendek, semuanya mereka gelar dengan penuh semangat. Dampak dari kepedulian mereka tidak hanya terlihat dalam lingkup sekolah, tetapi juga merambah ke kehidupan sehari-hari masyarakat.

Keberhasilan tim SB Kulim Penang tidak datang dengan mudah. Konsistensi dalam menjalankan rutinitas pendidikan telah menjadi kunci kesuksesan mereka. Anak-anak di wilayah ini secara bertahap mulai menginternalisasi dan terbiasa menjalankan kegiatan positif di luar ruang kelas. Ini membuktikan bahwa pendidikan sejati adalah pembentukan karakter dan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari. Mereka telah berhasil membuktikan bahwa pendidikan bukan hanya tentang memahami pelajaran di dalam buku, tetapi juga mengenai bagaimana membentuk kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab.

Tanggapan positif dari masyarakat setempat juga telah menjadi penegasan atas keberhasilan program KKN ini. Masyarakat dengan tangan terbuka menyambut kehadiran para mahasiswa yang turut serta dalam pembinaan pendidikan anak-anak. Keberadaan KKN KI PTMA telah membuktikan bahwa pendidikan berkelanjutan bisa menjadi jembatan yang kuat antara perguruan tinggi dan masyarakat. Dalam program ini, mahasiswa bukan hanya mendapatkan ilmu dari buku, tetapi juga memperoleh pengalaman berharga di lapangan yang tak ternilai harganya.

Lebih dari sekadar memberikan bimbingan siswa, kelompok SB Kulim Penang juga menunjukkan komitmennya terhadap keterlibatan keluarga dalam proses pendidikan. Mereka mengadakan silaturahmi dengan wali murid setempat, memperkuat kerjasama yang sinergis antara sekolah dan keluarga. Dengan demikian, lingkungan pendidikan yang holistik dan berkelanjutan pun dapat terwujud. Para mahasiswa telah berperan sebagai fasilitator yang membantu masyarakat menyadari pentingnya peran aktif dalam mendukung pendidikan anak-anak mereka.

Semangat tinggi dan kerja keras tim SB Kulim Penang dari KKN KI PTMA angkatan ke-8 telah membawa cahaya edukasi yang cerah ke wilayah ini. Prestasi mereka tidak hanya terukir dalam bentuk hasil nyata yang terlihat, tetapi juga dalam bentuk dampak positif yang akan membentuk masa depan pendidikan yang lebih baik. Tim ini telah memberikan contoh nyata tentang bagaimana dedikasi dan semangat juang seorang mahasiswa dapat membawa perubahan yang signifikan dalam komunitasnya.

Perjalanan mereka dalam KKN ini bukanlah tanpa tantangan. Rintangan-rintangan telah mereka hadapi dan tak jarang menguji kesabaran dan kegigihan mereka. Namun, dengan tekad yang bulat dan semangat juang yang membara, mereka berhasil mengatasi segala hambatan dengan baik. Keberhasilan ini menunjukkan betapa pentingnya tekad dan semangat dalam meraih tujuan, serta betapa besar dampak positif yang dapat dihasilkan oleh upaya kolektif yang dilakukan dengan sepenuh hati.

Tidak hanya sekadar memberikan bantuan pendidikan, para mahasiswa ini juga belajar banyak dari masyarakat setempat. Kebersahajaan dan keramahan masyarakat Kulim Penang telah membuka hati dan pikiran mereka. Dalam pergumulan ini, saling pengertian dan kepedulian antara mahasiswa dan masyarakat saling tumbuh dan menguat. Mereka telah belajar tentang kearifan lokal dan nilai-nilai kemanusiaan yang mewarnai kehidupan masyarakat di wilayah ini.

Selain memberikan bantuan edukasi, tim SB Kulim Penang juga turut berperan dalam mengenalkan kekayaan budaya daerah kepada masyarakat. Mereka menyelenggarakan kegiatan seni dan budaya, seperti pertunjukan tari tradisional dan pameran kerajinan, yang mampu memperkuat rasa cinta dan kebanggaan akan warisan budaya yang dimiliki oleh Kulim Penang. Mereka juga telah memahami betapa pentingnya melestarikan dan menghargai warisan budaya untuk mencegah kepunahan nilai-nilai luhur yang ada.

membuat kerajinan (dok. pribadi)

Bekerjasama dengan pemerintah setempat, tim SB Kulim Penang juga ikut andil dalam kampanye lingkungan. Mereka mengadakan kegiatan untuk sosialisasi pentingnya pendidikan dan dokumen kelahiran anak. “Sejak zaman dahulu hingga masa kini, pendidikan telah diakui sebagai tonggak utama dalam membentuk peradaban dan menciptakan masyarakat yang maju dan berbudaya. Pendidikan bukan sekadar proses transfer pengetahuan dari generasi sebelumnya, tetapi juga sebagai kunci pembuka pintu masa depan yang cerah bagi setiap individu. Dalam upaya menghadirkan pendidikan yang berkualitas, salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah pentingnya dokumen kelahiran bagi sang anak.
Pendidikan merupakan investasi berharga bagi generasi penerus bagsa. Melalui pendidikan, seorang anak memiliki akses untuk menggali potensinya, mengembangkan kreativitas, dan memperoleh keterampilan yang memadai untuk menghadapi tantangan di dunia yang semakin kompleks. Setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan, tanpa pandang bulu status sosial, ekonomi, maupun etnis. Oleh karena itu, mengakui pentingnya pendidikan bagi anak adalah mengakui hak asasi manusia yang mendasari keberadaannya.

Dokumen kelahiran menjadi dasar legal dan administratif yang mendukung hak atas pendidikan bagi sang anak. Dokumen kelahiran adalah bukti resmi tentang keberadaan seseorang di dunia ini, dan menjadi dasar untuk mendapatkan akses ke berbagai layanan publik, termasuk layanan pendidikan. Tanpa dokumen kelahiran yang sah, anak akan menghadapi berbagai kesulitan dalam mengakses hak-haknya, seperti masuk sekolah, mendapatkan kartu identitas, hingga mengikuti ujian nasional atau seleksi masuk perguruan tinggi.

Sayangnya, masih banyak anak-anak di berbagai wilayah di dunia terutama kulim yang tidak memiliki akses atau kesempatan untuk mendapatkan dokumen kelahiran mereka. Faktor ekonomi, aksesibilitas, atau kesadaran orang tua seringkali menjadi kendala utama dalam proses pencatatan kelahiran. Padahal, hak atas pendidikan adalah hak universal yang tidak boleh dikorbankan oleh alasan apa pun. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah dan berbagai lembaga terkait untuk berperan aktif dalam memastikan bahwa setiap anak memiliki dokumen kelahiran yang sah dan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Dokumen kelahiran juga memiliki peran penting dalam melindungi anak dari berbagai bentuk eksploitasi, perdagangan manusia, dan tindak kejahatan lainnya. Dengan adanya dokumen kelahiran, identitas anak dapat terlindungi dan menjadi dasar untuk menegakkan hukum jika terjadi kasus-kasus yang merugikan sang anak. Selain itu, dokumen kelahiran juga menjadi sarana untuk melacak kondisi kesehatan anak, memastikan bahwa mereka mendapatkan vaksinasi dan layanan kesehatan yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

Di tengah era globalisasi dan perkembangan teknologi, pentingnya dokumen kelahiran juga semakin menonjol. Dokumen kelahiran menjadi landasan bagi proses administrasi dan identifikasi digital yang semakin relevan dalam kehidupan modern. Akses ke pendidikan yang berkualitas dan teknologi informasi yang terintegrasi menjadi modal utama dalam menciptakan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Pentingnya pendidikan dan dokumen kelahiran bagi sang anak tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan lembaga terkait, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh masyarakat. Keterlibatan orang tua, keluarga, dan komunitas dalam memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pendidikan yang layak dan dokumen kelahiran yang sah akan membawa dampak yang besar bagi perkembangan bangsa dan negara.

Mengenali pentingnya pendidikan sebagai fondasi utama bagi pembangunan manusia, dan menyadari bahwa dokumen kelahiran adalah kunci akses untuk hak-hak dasar, kita dapat bersama-sama menciptakan masyarakat yang inklusif, berbudaya, dan berdaya saing. Mari bergandengan tangan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi setiap anak, dan memastikan bahwa mereka memiliki hak yang sama untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman, mendukung, dan menghormati hak-hak asasi manusia. Dengan begitu, kita telah berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi generasi penerus bangsa, dan pada akhirnya, untuk kemajuan dunia yang lebih baik”. Hal tersebutlah yang disampaikan oleh tim mahasiswa KKN KI PTMA di SB Kulim kepada masyarakat Kulim.

Silaturahmi dan Sosialisasi (dok. pribadi)

Keberhasilan program KKN KI PTMA angkatan ke-8 ini tak hanya berdampak positif pada masyarakat Kulim Penang, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa yang terlibat. Mereka belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan dan masyarakat yang berbeda, mengasah kemampuan sosial, dan memperkuat rasa tanggung jawab sebagai calon pemimpin masa depan. Melalui pengalaman berharga ini, mereka semakin siap menghadapi berbagai tantangan dan menjadi agen perubahan yang membawa cahaya edukasi ke berbagai wilayah di Malaysia terutama daerah Kulim Penang

Kulim Penang akan selalu mengenang jejak kebaikan tim SB KKN KI PTMA angkatan ke-8 ini. Cahaya edukasi yang mereka bawa akan terus menyinari dan menerangi masa depan pendidikan di wilayah ini. Semoga semangat juang dan dedikasi mereka menjadi inspirasi bagi generasi-generasi mendatang untuk terus berkarya dan berbuat baik bagi masyarakat dan negeri. Dengan semangat seperti ini, Indonesia akan semakin membara dengan cahaya pendidikan yang terang benderang.

Kreator : Isti
URL : https://www.kompasiana.com/isti1923/64d0c3254addee345d153b72/sukses-membara-kkn-ki-ptma-angkatan-ke-8-membawa-cahaya-edukasi-ke-kulim-penang

 

Leave a Reply