Press ESC to close

Diskusi Interaktif Mahasiswa PBSI FKIP UMS: Mengupas Strategi Efektif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Era VUCA

Edukreatif.id, Surakarta – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar diskusi interaktif atau yang disebut dengan DIKRAMA. Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2021-2025 yang saat ini sudah sampai pada tahap DIKRAMA #10. Sesi ke 9 diisi oleh Wahyu Kuncoro Jati dan Rossida Fatma Syahrulina Mubarokah. Adapun pada sesi 10 diisi oleh Nindy Muji Utami dan Aprilia Dhara Arsawati.

Wahyu Kuncoro Jati menyampaikan materi berjudul “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Media Audio-Visual: Analisis Kuantitatif.” Pemaparan ini menyoroti efektivitas penggunaan media audio-visual dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat di kalangan siswa. Dengan pendekatan analisis kuantitatif, Wahyu Kuncoro Jati mengungkap bahwa media ini mampu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa secara signifikan dalam proses pembelajaran. Ia juga memaparkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa metode ini dapat meningkatkan daya ingat serta pemahaman isi cerita rakyat secara lebih mendalam.

Rossida Fatma Syahrulina Mubarokah dengan materi bertajuk “Implementasi Pendekatan Whole Language dengan Media Pembelajaran Padlet dalam Materi Menulis Nonfiksi.” Dalam pemaparannya, ia menjelaskan bahwa pendekatan Whole Language yang dipadukan dengan platform digital Padlet dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis nonfiksi siswa. Dengan pendekatan ini, siswa dapat lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, mengeksplorasi ide secara mandiri, serta menerima umpan balik yang konstruktif dari rekan dan pengajar. Rossida juga menekankan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi serta kreativitas siswa dalam menulis.

Gambar 1. Narasumber dan Peserta Melakukan Sesi Foto Bersama

Aprilia Dhara Arsawati yang menyampaikan materi “Campur Kode dan Alih Kode dalam Percakapan Mahasiswa di Lingkup Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surakarta.” Dalam pemaparannya, Aprilia menjelaskan bahwa fenomena campur kode dan alih kode sering terjadi dalam percakapan sehari-hari mahasiswa, baik dalam situasi formal maupun nonformal. Ia juga menguraikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya percampuran bahasa serta dampaknya terhadap perkembangan kebahasaan mahasiswa.

Nindy Muji Utami dengan materi bertajuk “Studi Eksplorasi Taktik Komunikasi Aksi Doxing, Scamming, dan Phishing: Kajian Linguistik Forensik.” Dalam sesi ini, Nindy membahas bagaimana taktik komunikasi yang digunakan dalam aksi doxing, scamming, dan phishing dapat dianalisis melalui perspektif linguistik forensik. Ia menguraikan strategi yang sering digunakan oleh pelaku kejahatan siber dalam memanipulasi korban, serta bagaimana analisis linguistik dapat membantu dalam mendeteksi dan mencegah tindakan tersebut.

Gambar 2. Sesi Foto Bersama DIKRAMA #10

Diskusi yang berlangsung dinamis ini memberikan wawasan baru bagi mahasiswa PBSI FKIP UMS dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait penerapan metode pembelajaran yang telah dipaparkan.

Ketua Program Studi PBSI FKIP UMS Dr. Miftakhul Huda, M.Pd., menyatakan bahwa diskusi ini menjadi bagian dari upaya program studi dalam membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini. “Kami berharap mahasiswa dapat mengadaptasi metode-metode yang telah disampaikan dalam kegiatan ini untuk diterapkan dalam pembelajaran di masa mendatang,” ujarnya.

Dengan adanya diskusi interaktif ini, mahasiswa PBSI FKIP UMS semakin termotivasi untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di berbagai jenjang pendidikan.

Penulis: Eko Purnomo, S.Pd., M.Pd. (Dosen MKWK Bahasa Indonesia LBIPU UMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *