Skip to main content

OLEH : Pamuji Raharjo

Jeda pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) para siswa MI Muhammadiyah Unggulan Suruhkalang melaksanakan kegiatan pasar bocah untuk melatih jiwa bisnis dan berwira usaha bagi para siswa. Kegiatan ini sangat menarik bagi siswa karena selain belajar tentang jual beli dan berbisnis, siswa belajar tentang jual beli menurut syariat islam. Pelajaran jual beli masuk dalam pelajaran fiqih yang di dalamnya ada praktik langsung jual beli.
Kegiatan pasar bocah atau di sebuat Marketday dilaksanakan selama 2 hari, di mana para siswa dibagi menjadi 2 kelompok. Untuk hari pertama kelas 1, 2 dan 3 bertugas sebagai penjual dengan membawa dagangan olahan dari rumah, sedangkan kelas 4,5 dan 6 beserta Bapak/Ibu guru sebagai pembeli, di hari ke 2 giliran kelas 4,5 dan 6 sebagai penjual dan kelas 1,2 dan 3 sebagai pembeli. Semua berjalan dengan penuh semangat dan ceria.
Pengalaman dalam jual beli ini sangat dibutuhkan bagi para siswa untuk.membekali ketetampilan dan kecakapan hidup. Dari kegiatan jual beli ini dapat terlihat siapa saja yang memiliki bakat dalam jual beli dan memiliki jiwa kewirausahaan. Lingkungan sekolah bukan saja belajar tentang ilmu pengetahuan dari guru ke siswa akan tetapi praktik secara langsung memberi pengalaman yang sangat berharga.

Leave a Reply