Edukreatif.id, Surakarta – Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, terus berupaya melakukan penelitian inovatif dalam bidang pendidikan dasar. Salah satu penelitian internasional yang dilakukan adalah “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Media Realia pada Pembelajaran Sains” yang dipimpin oleh Dr. Nurul Hikmah Kartini, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat media realia dalam pembelajaran sains guna meningkatkan hasil belajar siswa di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Penelitian ini melibatkan Suwaibah Kaje sebagai anggota tim, serta dua mahasiswa S2 Pendidikan Dasar, yaitu Eko Cahyo Utomo dan Windari Sabela. Dalam kegiatan ini, Dr. Nurul Hikmah Kartini dan timnya menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan media realia, yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep sains secara lebih konkret dan mendalam.
Media realia—berupa objek nyata yang digunakan untuk mendukung proses belajar—dianggap sebagai salah satu alat bantu yang efektif untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Dalam penelitian ini, pendekatan inkuiri berbantuan media realia diterapkan agar siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran, mulai dari mengamati, merumuskan masalah, membuat hipotesis, melakukan eksperimen, berdiskusi, hingga mempresentasikan hasil temuan mereka di depan kelas. Langkah-langkah ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konseptual siswa, tetapi juga menumbuhkan keterampilan berpikir sistematis, kritis, dan logis.
Dr. Nurul Hikmah Kartini menjelaskan bahwa penggunaan media realia memberikan dampak positif pada hasil belajar IPA siswa. “Melalui media realia, siswa dapat melihat, merasakan, dan memahami konsep sains secara langsung, sehingga konsep yang diajarkan menjadi lebih mudah dipahami dan diingat. Metode ini juga menstimulasi siswa untuk berpikir kritis dan mandiri dalam menyelesaikan masalah,” jelasnya.
Menurut data hasil penelitian, pendekatan inkuiri yang dilengkapi dengan media realia telah terbukti efektif dalam meningkatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran menggunakan media realia mampu mencapai skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Pendekatan ini diharapkan dapat diterapkan secara lebih luas, sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan sains di sekolah-sekolah dasar.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pendidik dan peneliti lainnya untuk mengadopsi dan mengembangkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual dalam bidang IPA. Selain itu, hasil penelitian ini juga memberikan kontribusi pada pengembangan pedagogi sains, khususnya dalam menciptakan lingkungan belajar yang memberdayakan siswa untuk berpikir dan berinovasi.
Dengan hasil yang diperoleh, penelitian ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya penggunaan media realia dalam proses pembelajaran sains, serta menunjukkan potensi besar metode inkuiri dalam memfasilitasi siswa untuk lebih memahami konsep IPA secara mendalam.
Kontributor : Nurul Hikmah Kartini
Editor : Fika Annisa Sholihah
Leave a Reply