Press ESC to close

Laboratorium Literasi PBSI FKIP UMS Lakukan Pendampingan Menulis Cerpen Berbasis Gemini AI untuk Siswa Kelas XI 1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta

Edukreatif.id, SURAKARTA – Penggunaan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan kini kian masif. Hal itu telah merambat ke ranah pendidikan dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Salah satu dampak negatif dari penggunaan AI ialah penurunan tingkat kognitif dan kreatif siswa apabila tidak digunakan dengan bijak. Melihat hal itu, tim Laboratorium Literasi PBSI FKIP UMS segera bertindak dengan melakukan pengabdian di sekolah-sekolah. Sasaran kali ini ialah SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Tim Pengabdian Laboratorium Literasi FKIP UMS ini terdiri dari 1 dosen pendamping yaitu Dr. Main Sufanti, M.Hum. dan 6 mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMS yaitu Ammar Faqih Utomo, Kartika Satya Noviafitri, Meydika Triyan Kusuma, Rafa Maritzza, Salma El Malyda, dan Aprilia Dhara Arsawati.

Pengabdian ini dilakukan dengan empat fase yang meliputi (1) introduksi, (2) induksi, (3) evaluasi, dan (4) keberlanjutan. Pada fase pertama atau intoduksi, tim laboran yang terdiri atas 6 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing PBSI FKIP UMS melakukan kegiatan berupa perizinan, konsultansi, dan pendataan peserta. Pengajuan perizinan kepada Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dilaksanakan pada 22 Juli 2024. Setelah mendapatkan izin, selanjutnya dilakukan konsultansi tema pengabdian kepada guru pamong mata pelajaran Bahasa Indonesia pada 31 Juli 2024. Tema pengabdian yang disepakati ialah “Pemanfaatan Aplikasi Gemini untuk Menulis Cerpen dengan Metode Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM)”. Di samping konsultansi, tim laboran juga melakukan observasi kebutuhan berkaitan dengan tema. Data-data ini untuk memetakan pengetahuan siswa. “Kegiatan kepada Masyarakat yang di lakukan oleh mahasiswa PBSI FKIP UMS ini, bermaksud memberi pengalaman untuk mengasah soft skill mahasiswa dalam merancang, melaksanakan, dan melakukan evaluasi kegiatan”. Ujar Dr. Main Sufanti, M.Hum. selaku pembimbing dan ketua Laboratorium Literasi PBSI FKIP UMS. “Kegiatan ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdikan ilmu pengetahuanya kepada peserta didik di sekolah” tambahnya.

Fase selanjutnya ialah induksi. Pada fase ini, tim laboran melakukan workshop menulis cerpen metode ATM dengan memanfaatkan aplikasi Gemini. Workshop dilaksanakan dengan ceramah, tanya jawab, dan praktik dalam kurun waktu 2 jam. Para siswa diajak langsung menulis cerpen metode ATM dipandu tahap demi tahap, sampai siswa dapat menghasilkan karya tersebut. Cerpen hasil Gemini memuat tiga tokoh, latar, rangkaian peristiwa, dan judul yang akan dimodifikasi oleh siswa. Workshop dilaksanakan pada 10 Oktober 2024 di kelas XI 1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dengan jumlah peserta 18 siswa. Hasil kegiatan workshop berupa cerpen hasil modifikasi dalam bentuk tulisan pada folio bergaris. Menurut Ibu Sriyatmi selaku guru Bahasa Indonesia manyatakan bahwa kegiatan ini memiliki banyak manfaat. “Sekolah sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh tim. Sangat membantu sekali dalam proses belajar mengajar. Keterampilan menulis merupakan tantangan siswa dalam belajar, dengan bantuan tersebut, siswa akan lebih mudah menghasilkan karya dalam bentuk tulisan, dengan memodifikasinya”. Ujarnya.

Gambar 1. Pemaparan Materi Gemini dan Modifikasi Cerpen oleh Ammar Faqih Utomo
Gambar 2. Praktik Menulis Cerpen Metode ATM

Berikutnya ialah fase evaluasi. Pada fase ini, Hasil workshop yang dilanjutkan dengan pendampingan kepada siswa-siswa untuk menulis cerpen metode ATM perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui ketercapaian program yaitu penguatan kemampuan siswa SMA dalam menulis cerpen metode ATM dengan memanfaatkan aplikasi Gemini. Dengan demikian, ada kemampuan mendasar yang dievaluasi yaitu kemampuan modifikasi cerpen hasil Gemini. Kemampuan modifikasi cerpen meliputi modifikasi nama tokoh, latar, rangkaian peristiwa, dan judul.

Gambar 3. Salah Satu Karya Cerpen ATM Oleh Siswa

Fase terakhir ialah fase keberlanjutan. Kegiatan pengabdian ini akan terus dilanjutkan, baik secara kualitas dan kuantitas. Tim Pengabdian Masyarakat UMS akan melakukan pendampingan terus menerus, sehingga para siswa berhasil mempublikasikan modifikasi cerpen hasil Gemini. Publikasi bisa berupa kumpulan cerpen yang dibukukan atau diunggah di media sosial. Pendampingan diharapkan dapat memberi motivasi kepada siswa untuk terus mengungkapkan perasaan dan pikiran melalui cerpen.

Penulis : Ammar Faqih Utomo (Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *