Edukreatif.id, Surakarta – Program pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan skill digital dan keterampilan berbicara siswa dengan judul “Pendampingan Pemanfaatan Fitur Audio dan Audiovisual pada Powerpoint untuk Presentasi Interaktif” telah sukses dilaksanakan pada 5 November 2024 di SMA Muhammadiyah Al Kautsar PK Kartasura. Pelatihan dihadiri oleh sejumlah 17 siswa kelas XI 2 di laboratorium komputer sekolah. Pelatihan didampingi oleh guru bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Al Kautsar PK Kartasura yaitu Ibu Atika Lisamawati Nur Qoyyimah, M.Pd. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan adalah untuk membekali siswa dalam menggunakan fitur audiovisual pada aplikasi PowerPoint untuk membuat teks deskripsi.
Kegiatan ini dipandu oleh salah satu pemateri yaitu Aura Kalbu Darsono yang menyampaikan fungsi-fungsi dasar PowerPoint, dibantu oleh Andika Yuda Saputra sebagai operator. Serta dengan rekan-rekan yang lain yaitu Olivia Septiana Setyo Wijayanti, Aidah Mustikarani, dan Isna Dini Rahmawati sebagai pendamping pelatihan siswa dan dibimbing dosen pembimbing sekaligus Kepala Laboratorium Literasi PBSI FKIP UMS Dr. Main Sufanti, M.Hum.
Pengabdian ini dilaksanakan dengan empat fase yang meliputi (1) introduksi, (2) induksi, (3) evaluasi, dan (4) keberlanjutan. Pemaparan materi dilakukan dengan memaparkan dasar-dasar fungsi PowerPoint sebagai dasar pemahaman siswa. Selanjutnya, pada sesi pelatihan dilangsungkan dengan praktek langsung pembuatan presentasi melalui PowerPoint dengan fitur audio dan audiovisual. Siswa berlatih secara langsung dengan membuat teks deskriptif untuk mendeskripsikan gambar yang dipilih yang kemudian menambahkan fitur audio maupun audiovisual pada PowerPoint dan didampingi oleh mahasiswa.
Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan siswa. Berdasarkan hasil pretest siswa untuk mengukur kemampuan awal, diketahui 24% siswa yang sudah mengetahui cara menggunakan fitur audio dan audiovisual. Setelah pelaksanaan posttest keterampilan siswa mengalami peningkatan dengan persentase yaitu 94% siswa memahami cara menggunakan fitur audio dan audiovisual.
Para peserta memberikan tanggapan yang positif terhadap kegiatan. Raka Al Fatih, salah satu siswa yang ikut serta dalam kegiatan memberikan tanggapan dengan mengisi kuesioner yang telah dibagikan.
“Menurut Saya bagus jadi lebih percaya diri menampakkan wajah di kamera, dan menambah pengetahuan tentang bagaimana cara berbicara” katanya.
Keberlanjutan program diwujudkan setelah pelaksanaan program yaitu selama 2 minggu dengan memonitoring kembali hasil kesesuaian dari pengumpulan tugas siswa. Pendampingan secara berkala melalui grup whatsapp merupakan tindak lanjut dari program pelatihan ini. Dengan demikian, diharapkan adanya dampak positif yang dapat dirasakan siswa setelah mengikuti program pelatihan ini dan dapat menerapkannya ke dalam pembelajaran untuk membuat presentasi interaktif.
Penulis : Olivia Septiana Setyo Wijayanti Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UMS
Leave a Reply